Friday, September 28, 2012

TUGAS 2 PLUS MINUS BERSEKOLAH DI LABSKY


Kak Putri Athira

Saat acara drama sekolah yaitu skylite. kak Putri Athira atau yang biasa orang panggil kak Puput, saya meminta pin blackberrynya untuk bisa menghubungi dia dan mewawancarai tentang plus minusnya bersekolah di labschool. Keesokan harinya setelah skylite saya langsung menanyakan hal tersebut kepadanya dan inilah jawaban dari kak puput: 

                                      





Plus nya sklh di labschool : kita ditanamkan disiplin tinggi, krn labschool mnrapkan bnyk peraturan yg mengharuskan kita utk selalu disiplin dlm hal waktu, dan kegiatan akademis maupun non akademis. Selain itu, labschool jg dlm pergaulannya,  antar sesama murid maupun guru dan murid sangat memperhatikan sikap saling menghargai. Utk segi minus sbnrnya aku blm nemuin minusnya, krn memang terasa manfaat dr segala program yg diterapkan di labschool.

Program di labschool yg paling berguna itu TO dan Bintama. TO sgt bermanfaat krn pd saat TO kita mengenal kehidupan yg blm dirasakan sblmnya, kita jd bisa lbh toleransi dan berempati dgn kehidupan org di sekitar kita juga TO adalah momen utk mengenal karakter teman2 di angkatan. Bintama berguna krn, disitu kita diajarkan disiplin tinggi dan mencoba hal2 baru yg saya kira jg bisa mengurangi banyak ketakutan ttg hal2 yg sblmnya kita takuti.
Acara yangg kurang berguna menurut aku study trip yg suka diadakan pada saat kls 3. Karena seringkali, materi yg terdapat pd saat study trip tsb bukan merupakan hal baru yg bisa berguna pd saat belajar di sekolah.Terutama pada program IPA.

Mengikuti organisasi di labschool sangatlah berguna, krn mnrt aku organisasi labschool merupakan organisasi yg paling hidup diantara organisasi di sklh lain. Kita menjadi tau caranya memanage suatu program dan waktu, dipacu utk selalu kreatif dlm mencari ide dan terobosan di setiap programnya, selain itu jg dgn berorganisasi di labschool kita tau caranya bekerja sama dgn berbagai karakter yg berbeda dr mulai sesama teman maupun bekerja sama dgn org2 yg lebih berpengalaman yakni guru, senior maupun alumni.

Sekolah di labschool amat sangat membantu kehidupan di universitas. Hal2 yg dilakukan di labschool memang pny standar tinggi sehingga tdk membuat kita kaget saat berada di universitas. Contohnya pd saat ospek di fakultas dan universitas, kita sdh mengerti apa dibalik semua arahan yg di sampaikan oleh senior krn kita sdh terlatih pd saat pra TO jg bintama. Utk management waktu yg baik dan bekerja sama dlm segala kegiatan di kampus pun sdh menjadi hal yg tdk sulit lagi, krn sdh terbiasa mengatur banyak program kerja dan jg kegiatan akademis ketika di labschool.

Saran utk labschool adalah pertahankan semua program yg telah menjadi unggulan dan ciri khas labschool, krn utk aku pribadi manfaatnya sdh sangat terasa.

Dalam menjalankan segala programnya pun jgn sampai hilang semangatnya, dan tetap mengingat segala tujuan yg ingin dicapai dr setiap kegiatan yang ada, juga pertahankan budaya kebersamaan dan saling menghargai yg sudah ada sejak dulu di labschool.

Kak Kemal Hussein


Narasumber kedua yang saya wawancarai adalah Kak Kemal Hussein atau akrab dipanggil kemal atau biasa saya panggil “KemHus”. Kak Kemhus adalah alumni lulusan dari angkatan 6 “ Heksakra”. Kak Kemal merupakan jurusan bahasa terakhir di SMA Labschool Kebayoran dan sekarang mengambil jurusan Hukum di Universitas Atma Jaya. Selain alumni, Kak Kemhus adalah salah satu pelatih tim Baseball SMA dan SMP Labschool Kebayoran.




Saya mewawancarai kak Kemal Hussein melalui Blackberry messenger.
Menurut kak Kemhus Kelebihan SMA Labschool Kebayoran adalah disiplinnya yang tinggi. Karena program – program wajib yang dijalankan di SMA Labschool Kebayoran meningkatkan disiplin. Kemudian Kak Kemhus mengatakan bahwa sekolah di labsky meningkatkan aqidah karena pendidikan agama untuk siswa – siswi yang sangat baik. Dan menurut kak Kemhus, program lari pagi labsky membuat badan kita sehat dan bugar. Berbeda dengan kak Revy, kak Kemhus mengatakan bahwa makanan di kantin sangat enak dan bervariatif. Guru – guru muda di SMA Labsky juga menjadi hal positif bagi Kak Kemhus. Lalu kak Kemhus sangat menyukai kegiatan TO, BINTAMA, Skybattle, dan SkyAve.


Kekurangan sekolah di SMA Labsky menurut kak Kemhus adalah pertama guru – guru suka aneh dan suka member tugak tidak jelas. Lalu SMA Labschool Kebayoran ini mengedepankan nilai dan akademik seorang siswa dibandingkan prestasi atau usaha. Karena Labschool di cap sekolah anak pintar, menurut kemhus olahraga di SMA Labsky tidak sebaik sekolah – sekolah menengah atas lainnya di Jakarta. Lalu kembali ke fasilitas, kantin, parkir mobil dan sepeda motor, serta perpustakaan di Labsky kurang besar. Dan yang terakhir adalah buku – buku yang di pamerkan di Perpustakaan sudah tua dan dalam keadaan tidak baik.

“Abis lulus dr labsky itu rasanya lega, karena 6 tahun disana bosen jg tp seru dan bakal kangen, dr gada mesjid sampe mesjidnya mewah” adalah tanggapan Kak Kemhus saat ditanya perasaan lulus dari SMA Labschool Kebayoran. Menurut dia lulusan SMA Labsky berbeda dengan lulusan SMA lain, lebih berani, bernyali besar, berani tampil, dan aktif dalam organisasi di Universitas – universitas yang di tujui. Sayangnya setelah lulus biasanya alumni SMA Labschool Kebayoran di cap anak pintar oleh pelajar lulusan dari sekolah lain di JABODETABEK. Contohnya adalah ketika Kak Kemhus ditanya dari sekolah mana, dan dia menjawab SMA Labschool Kebayoran pasti yang bertanya menjawab “Oohh pinter dong yaa” padahal tidak selalu.


Kak Tasza Alya


Saat beberapa hari sebelum deadline tugas sejarah saya teringat bahwa teman dekat saya yaitu: Mikhail dary punya kak yang sudah lulus SMA Labsky, jadi saya menghubungi dary dan minta pin blackberrynya untuk bisa menghubunginya. Setelah mendapatkan pinnya langsung saja saya menanyakan kepada kak Tazsa Alya mengenai  plus minusnya kakak bersekolah di labschool lalu dengan cepat dan singkat dia menjawab:








Plusnya itu kita semua diajarin disiplin sama budaya saling menghormati satu sama lain terumata kepada kakak kelas, jadi karena itu kita sudah terbiasa tertib kan dan di labschool banyak banget peraturannya apa-apa ngelanggar dihukum jadi kita udah terbiasa tertib.

Sama guru dan senior maupun junior juga saling menghormati

Walaupun kayak temen tapi tetep ada respeknya

Menurutku minusnya ga ada.

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname