Thursday, September 27, 2012

Tugas 4 - Solusi Labsky Untuk Indonesia


Hentikan Perburuan Satwa dan Tumbuhan Langka

Perburuan liar adalah pengambilan hewan dan tanaman liar secara ilegal dan bertentangan dengan peraturan konservasi serta serta manajemen kehidupan liar. Perburuan liar merupakan pelanggaran terhadap peraturan dan hukum perburuan.
Indonesia adalah Negara yang dianugerahi kekayaan alam yang sangat besar. Salah satu kekayaan alam tersebut adalah hewan dan tumbuhan langka. Hewan dan tumbuhan langka ini hanya dapat ditemui di Negara kita dan sulit untuk dilihat di Negara lain. Berikut ini adalah contoh hewan langka yang dilindungi di Indonesia: harimau sumatera, badak bercula dua, gajah sumatra, badak bercula satu, banteng, orang utan, merak, anoa, babi rusa, burung gosong, buaya muara, cendrawasih, komodo, jalak bali, elang jawa dan lain-lain. Adapun beberapa jenis tumbuhan langka yang kita miliki adalah bunga bangkai, kantung semar, anggrek hutan Kalimantan, kayu cendana dan lain sebagainya.
Sayangnya karena kebutuhan industri kayu banyak hutan tempat mereka hidup terpaksa ditebang. Akibatnya hewan dan tumbuhan kehilangan tempat tinggalnya. Keadaan tersebut semakin bertambah parah dengan adanya aktifitas perburuan. Dengan demikian kehidupan hewan dan tumbuhan langka Indonesia semakin terancam. Suatu perburuan akan dianggap ilegal jika:
1. Perburuan tidak dalam musimnya, seperti pada musim kawin hewan. Perburuan dilarang saat hewan-hewan kawin demi mencegah terbunuhnya generasi-generasi berikutnya.
2.   Pemburu tidak memiliki izin yang sah.
3. Pemburu secara ilegal, menjual hewan, bagian tubuh atau organ-organ hewan maupun tanaman untuk memperoleh keuntungan.
4.    Perburuan dilakukan diluar waktu yang ditentukan.
5.    Pemburu mempergunakan senjata yang dilarang pada hewan yang diburu
6.    Hewan atau tanaman yang diburu ada di dalam wilayah yang dibatasi.
7.    Hak untuk memburu hewan atau tanaman tersebut telah diklaim oleh seseorang.
8.    Jenis umpan yang digunakan dalam memburu tidak manusiawi(contohnya makanan yang tidak cocok untuk kesehatan hewan)
9.    Mengunakan cara berburu yang dilarang (misalnya menggunakan lampu sorot untuk membingungkan rusa, atau berburu dari kendaraan yang bergerak.
10. Hewan atau tanaman yang diburu dilarang karena termasuk hewan yang terancam punah.
11. Hewan atau tanaman yang diburu telah ditandai untuk penelitian.

Menyadari hal tersebut pemerintah Indonesia kemudian mengambil kebijakan untuk melindungi mereka dengan melakukan berbagai langkah terpadu, diantaranya adalah mendirikan tempat untuk melindungi mereka. Tempat perlindungan tersebut diantaranya adalah  suaka margasatwa, cagar alam dan taman nasional. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alam hayati. Sekitar 30 persen jenis hewan dan tumbuhan yang ada di muka bumi berada di Indonesia. Sampai saat ini, para ilmuwan masih terus mencari jenis-hewan dan tumbuhan baru yang ada di Indonesia. Seiring dengan ditemukannya jenis-jenis baru, ternyata ratusan bahkan ribuan jenis makhluk hidup terancam punah dan mengalami kepunahan. Makhluk hidup yang terancam punah keberadaannya sudah sangat sedikit serta memiliki tingkat perkembangbiakan yang lambat. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Manusia dituding sebagai faktor utama yang menyebabkan kepunahan. Sebagian besar orang-orang melakukan perburuan ini demi mendapatkan kuntungan pribadi semata. Seperti contoh dapat kita ambil, perburuan gajah untuk gadingnya, perburuan harimau untuk kulit indahnya, bahkan perburuan burung cendrawasih untuk diawetkan. Berikut merupakan contoh hewan langka yang kerap diburu untuk diperjual belikan.

1. Orang Utan (latin : Pongo Pygmaeus)
Ciri khas hewan langka ini ialah mempunyai rambut yang begitu panjang dibandingkan jenis kera lain. Buah-buahan adalah makanan utama dan juga kesukaannya. Di indonesia, wilayah  penyebarannya adalah dataran rendah juga hutan hujan tropis di pulau Kalimantan.

2. Badak Bercula Satu (latin : Rhinoceras Sundaicus)
Adalah salah satu hewan langka khas indonesia. Walau sekarang sudah tidak banyak, hanya sekitar 50 ekor saja dapat ditemukan di hutan ujung kulon. Merupakan hewan herbivora pemakan daun-daunan.

3.Musang Congkok
Dengan berat mencapai 5 kg dan mempunyai panjang sekitar 71 cm hewan ini cukup gesit untuk memanjat pepohonan. Di temukan di wilayah pegunungan Aceh dan Sumatera Barat. Mamalia kecil dan beberapa jenis serangga adalah makanan kesukaannya.

 4. Kuskus
 Dijuluki sebagai primata terkecil di dunia. Mempunyai berat tubuh antara 80 – 140 gram dan panjang cuma 12 – 15 cm cukup layak bila disebut primata terkecil. Walaupun mempunyai sepasang mata yang besar yang ukurannya melebihi volume otaknya tapi hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Mirip dengan burung hantu. Kepulauan Riau, kepulauan kalimantan dan sumatera bagian selatan juga tenggara adalah habitat aslinya.

5. Ikan Belida (latin : Notopetrus Chitala)
Dengan panjang tubuh mencapai 87, 5 cm dan berat tubuh dapat mencapai 1 kg, cukup besar untuk ukuran ikan air tawar. Bentuk tubuhnya seperti pisau dan  makanan kesukaannya adalah ikan-ikan kecil juga udang. Perairan air tawar di wilayah jawa dan kalimantan 

            6. Harimau Sumatera ( latin : Panthera Tigris Sumatrae)
Memprihatinkan karena jumlah semua harimau sumatera hanya tinggal sekitar 500 ekor. Penebangan hutan yang serampangan dan perburuan liar dituding sebagai penyebab langkanya harimau ini. Hanya terdapat di hutan sumatera.

7. Burung Elang Jawa ( latin : Spizaetus Bartelsi)
Mempunyai bentuk yang gagah, sayang populasinya hanya tinggal 250 ekor saja. Tersebar hampir merata di sekitar hutan di pulau jawa seperti di gunung slamet, gunung salak, gunung anjasmoro, gunung kawi, taman nasional baluran, taman nasional alas purwo taman nasional gunung halimun, taman nasional gede pangrango dan taman nasional muara betiri.

8. Babirusa (latin : babyrousa babyrussa)
Buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, jamur dan dedaunan merupakan makanan yang biasa disantap sehari-hari. Mempunyai taring yang mencuat keluar sebagai tameng mata dari duri dan rotan ketika mereka mencari makan. Habitatnya meliputi pulau sulawesi, kepulauan maluku dan sekitarnya.
                                                                         
Para pemburu memanfaatkan musim kemarau sebagai sarana untuk mempermudah memburu satwa-satwa langka seperti harimau sumatera. Karena pada musim tersebut tentunya sumber air menjadi sangat sedikit dan karena itu harimau sumatera akan mencari sumber-sumber air untuk mereka minum. Nah itulah saat para pemburu mulai juga mencari sumber air karena saat itulah dimana saat-saat paling tepat untuk menemukan harimau sumatera yang sedang kehausan. Para pemburu menggunakan senapan bius untuk menidurkan harimau-harimau tersebut. Lalu mengangkutnya menggunakan mobil. Tak hanya harimau-harimau dewasa yang diperjual belikan. Anak-anak harimau juga  dijual belikan sebagai binatang peliharaan.

Penanganan

Seiringnya perburuan liar yang semakin marak, terutama pada musim kemarau. Pemerintah banyak membuat peraturan mengenai dilarangnya perburuan liar. Selain itu pemerintah juga membangun tempat-tempat untuk menampung hewan maupun tumbuhan yang terancam punah seperti suaka margasatwa dan cagar alam. Namun sesungguhnya hal-hal itu berasal dari diri kita masing-masing berupa kesadaran akan kelangkaan-kelangkaan hewan maupun tumbuhan tersebut. Tapi banyaknya petugas penegak hukum yang dapat dilemahkan oleh uang merupakan kendala terbesar dalam kasus ini. Berikut penjelasan lengkap mengenai pencegahan-pencegahan maupun penanganan perburuan liar.

  1. .Self Awarness
kesadaran diri itulah yang paling utama dalam mencegah kelanjutan perburuan liar, penebangan hutan liar dll,,,tanpa hukum pun kita masih bisa menjaga keseimbangan ekosistem itu sendiri asal kita punya kesadaran diri yang tinggi,,,tapi sayangnya,,,masyarakat kita masih sangat minim dalm memiliki self awareness itu sendiri,,contoh yang mudah adalah betapa banyaknya sampah yang berserakan di sekitar kita

  1. Peraturan
Undang-undang perburuan hewan liar maupun penebangan liar harus lebih spesifik dan memiliki hukuman yang sangat setimpal dengan kejahatan yang berlaku. Selain itu peraturan-peraturan ini harus lebih dipertegas karena banyak pihak yang masih bisa melanggar dengan mudahnya. Contoh, jika hewan masih muda tidak boleh diburu. Apabila sengaja ditangkap harus kembali ditangkap demi mencegahnya kepunahan hewan itu sendiri. Cara berburunya juga harus memiliki norma dan aturan supaya tidak menyakiti hewan yang diburu. Misalnya menembak pada titik-titik tertentu

  1.  Kerja sama yang kuat antara berbagai pihak dalam hal kejujuran merupakan suatu hal yang penting. Karena seketat apapun peraturan apabila tidak dipahami oleh orang-orang maka tidak akan berguna juga. Contoh kerja sama yang baik antar pihak adalah tidak mudah di sogok, meningkatkan kedisiplinan dalam diri sendiri.
  2. Pemerintah juga membangun berbagai penampungan hewan dan tumbuhan yang dilindungi seperti berikut ini:                                                                                                                                                           
         Suaka Margasatwa
Suaka Margasatwa terdiri dari tiga kata; suaka = perlindungan, marga = keluarga, satwa = binatang. Jadi yang dimaksud dengan suaka margasatwa adalah tempat perlindungan keluarga hewan. Contoh dari suaka margasatwa adalah Kebun Binatang Ragunan, Kebun Binatang Bandung dan Taman Safari.
Cagar Alam
Cagar alam adalah wilayah yang memiliki ciri khusus yang dilindungi  oleh Pemerintah. Tujuan didirikannya cagar alam adalah untuk melindungi flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) yang ada di dalamnya. Contoh cagar alam diantaranya adalah Cagar Alam Gunung Tangkoko, Cagar Alam Pananjung Pangandaran dan Cagar Alam Tangkuban Perahu.
Taman Nasional
Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Contoh Taman Nasional diantaranya adalah TN Gunung Leuseur (Aceh), TN Way Kambas (Lampung), TN Ujung Kulon (Banten), TN Gunung Gede Pangrango (Jawa Barat), TN Merubetiri (Jawa Timur), TN Pulau Komodo dan Taman Nasional Bunaken.

No comments:

Post a Comment