Friday, September 28, 2012

Tugas 4 - Solusi Labsky Untuk Kemanuisiaan


“Dunia Yang Lebih Baik”

Diskrimninasi adalah perlakuan tidak adil yang diterima oleh seseorang atau sekelompok orang. Salah satu bentuk diskriminasi yang paling sering terjadi adalah diskriminasi rasial. Orang yang mengalami diskriminasi rasial akan ditempatkan lebih rendah harkat dan martabatnya dibandingkan dengan ras yang lainnya.

Diskriminasi rasial ini sudah terjadi selama ratusan tahun bahkan ribuan tahun, sepanjang sejarah manusia itu sendiri. Sejarah mencatat peperangan bisa terjadi dikarenakan ras yang satu merasa lebih unggul dibandingkan ras lainnya. Bangsa-bangsa Eropa berkulit
putih pada abad pertengahan misalnya,melakukan ekspansi dan penjajahan terhadap bangsa-bangsa Afrika, Asia, dan Amerika.

Selain karena faktor keinginan untuk menguasai harta kekayaan di daerah baru tersebut, bangsa-bangsa Eropa tersebut juga merasa memiliki keunggulan ras dibandingkan dengan ras bangsa jajahannya. Peristiwa penjajahan tersebut berlangsung hingga awal abad ke-20, namun tindakan rasisme ternyata masih belum hilang sepenuhnya hingga saat ini.

Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya
Bentuk tindakan diskriminasi banyak sekali, secara umum terdiri dari:

Sikap Diskriminasi Etnosentrisme

Sikap diskriminasi ras yang pertama adalah etnosentrisme, Menurut Matsumoto (1996) etnosentrisme adalah kecenderungan untuk melihat dunia hanya melalui sudut pandang budaya sendiri. Maksudnya adalah kelompok lain selalu dinilai dengan standar kelompoknya karena merasa kelompoknya selalu benar.
Orang yang bersifat entosentrik cenderung kurang bergaul karena hanya bergaul dengan kalangannya saja. Tidak mau membuka wawasan dan fanatik.

Di masa lalu, banyak peperangan yang terjadi dikarenakan sikap etnosentrisme ini. Salah satu faktor penyebabnya dikarenakan belum majunya teknologi komunikasi dan transportasi, sehingga interaksi lintas budaya masih minim terjadi. Namun pada kenyataannya, praktik diskriminasi ras seperti ini masih terjadi pada era modern seperti yang terjadi di Afrika Selatan dengan politik apartheidnya sebelum dihapus pada 1994.

Pada saat apartheid masih diberlakukan, perbedaan ras dilembagakan melalui undang-undang. Akibatnya, seluruh aspek kehidupan masyarakat menjadi dibedakan berdasarkan ras dan warna kulitnya. Sekolah, tempat umum, tempat ibadah, bahkan toilet pun berbeda, ada yang khusus warga berkulit hitam dan ada yang untuk warga berkulit putih. Akibatnya yang menderita adalah warga berkulit hitam karena mereka hanyalah warga kelas dua di tanah kelahirannya sendiri.


Namun setelah dihapusnya apartheid, nama-nama kota yang berbau kulit putih dihapus dan diganti, tanah-tanah dan kebun milik warga kulit putih menjadi milik warga kulit hitam. Pendek kata, warga kulit putih kini dibawaha tekanan warga kulit hitam.

Sikap Diskriminasi Xenophobia

Sikap diskriminasi ras berikutnya adalah xenophobia. Xenophobia adalah sebuah kebencian atau rasa benci yang tidak beralasan terhadap orang asing atau sesuatu yang berbau asing yang diakibatkan oleh rasa kebangsaan yang berlebihan. Xenophobia selain karena rasa kebangsaan yang berlebihan, juga bisa diakibatkan dari rasa kesukuan, kebangsaan, atau tempat asal yang sangat tinggi. Hal ini mengakibatkan terciptanya diskriminasi terhadap orang lain. Dalam hal ini orang asing atau segala sesuatu yang berbau asing.
Sikap ketakutan yang berlebihan terhadap orang asing tersebut bisa berubah menjadi aksi anarki seperti yang terjadipada bulan Maret 2008. Pada waktu itu korban tewas bahkan mencapai 62 orang disebabkan serangan massa yang ketakutan dengan alasan tidak mendasar tersebut.

Pada saat Piala Dunia 2010, terjadi aksi serupa tepatnya pada tanggal 12 Juli 2010 di daerah Khayelietsha kota Cape Town. Sekelompok orang melakukan teror terhadap para pedangan asal Somalia, Zimbabwe, Nigeria, Mozambik, dan negara Afrika lainnya sehingga mereka takut untuk membuka toko atau menggelar dagangannya. Para warga yang terjangkit Xenophobia tersebut melakukan banyak ancaman dan meneror para pendatang.

Sikap Diskriminasi Miscegenation

Miscegenation adalah sikap diskriminasi yang menolak terjadinya hubungan antar ras, termasuk dalah hal kawin campur antar ras yang berbeda. Sikap ini sangat menjaga kemurnian rasnya dan berusaha sekuat mungkin agar tidak "terkotori" oleh kawin campur antar ras. Sejarah mencatat Hitler dengna nazinya adalah kelompok yang sangat mendukung sikap miscegenation ini. Ia berpandangan bahwa ras arya adalah ras yang paling unggul di dunia, oleh karena itu harus dijaga kemurnian rasnya.

Penyebab itulah yang membuat ia berkuasa atas ribuan nyawa non arya seperti yahudi, turki, gypsi dan lain-lain menjadi korban sikap politik diskriminasi yang ia terapkan. Hingga akhir hayatnya, Hitler dan holocaust telah menelan korban kurang lebih berjumlah enam juta jiwa.

Di Amerika Serikat pernah subur organisasi yang bersikap diskriminasi terhadap ras kulit hitam yang bernama Ku klux Klan. Kelompok rasis ini berkeyakinan bahwa kulit putih adalah ras yang terbaik di dunia. Mereka mendirikan organisasi Ku klux Klan ini dengan maksud untuk berjuang memberantas ras kulit hitam dan ras minoritas lainnya di Amerika seperti Yahudi, Muslim, India, China, dan Katolik Roma.

Organisasi Ku klux Klan ini dinyatakan terlarang oleh pemerintah AS empat tahun setelah berdirinya. Namun pada kenyataaanya, aksi teror, pembakaran dan pembunuhan terus terjadi. Warga kulit putih yang menjadi pelindung kulit hitam pun dijadikan sasaran.

Hingga saat ini organisasi Ku klux Klan masih sering meneror warga walau internsistasnya sudah jauh berkurang seperti yang terjadi di tepi Sungai Pearl SUn sekitar 90 kilometer sebelah utara New Orleans, Louisiana. Seorang wanita tewas oleh kelompok tersebut saat akan pergi meninggalkan ritual pelantikan anggota Ku klux Klan di Louisiana, AS.

Jasadnya ditemukan di balik semak-semak pinggir jalan, beberapa kilometer dari tempat ritual upacara penangkatan anggota baru Ku klux Klan dilakukan. Saat polisi datang ke lokasi, 8 orang anggota Ku klax Klan ditangkap beserta sejumlah beberapa bendera organisasi, senjata api, dan enam jubah khas Ku klux Klan.

Sikap diskriminasi ras miscegenation ini dapat mengakibatkan proses asimilasi tidak dapat berjalan dengan baik. Padahal asimilasi sangat diperlukan terutama di negara-negara multikultural seperti Indonesia.

Sikap Diskriminasi Stereotipe

Stereotipe adalah penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok di mana orang tersebut dapat dikategorikan. Stereotipe merupakan jalan pintas pemikiran yang dilakukan secara intuitif oleh manusia untuk menyederhanakan hal-hal yang kompleks dan membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat. Jadi tidaklah penting apa dan bagaimana sesungguhnya seseorang di mata pengikut stereotipe ini. Namun, stereotipe dapat berupa prasangka positif dan juga negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif.

Apa pun dan bagaimana pun yang dilakukan orang lain, maka tidak akan mempengaruhi penilaian terhadap orang tersebut, sebab mereka telah memiliki penilaian tersendiri yang bersifat general. Contohnya seperti di Asia.

Orang-orang yang berwajah Asia Tenggara atau yang berkulit coklat seringkali mendapatkan perlakuan tidak wajar saat berbelanja di negara-negara Eropa dan Amerika. Sebab orang kulit putih tersebut beranggapan orang-orang Asia tenggara adalah orang desa yang tidak mengerti teknologi, kampungan dan miskin, sehingga tidak perlu dilayani dengan semestinya.

Demikian pula yang dialami para pemain bola berkulit hitam atua mereka yang beragama Islam di liga-liga sepak bola Eropa. Kata-kata "ngero" yang ditujukan pada pemain bola berkulit hitam dan "teroris" yang ditujukan pada pemain sepak bola muslim seringkali terjadi di lapangan hijau, baik yang diucapkan pemain maupun penonton.

Seperti yang dikatakan, di Eropa banyak sekali terjadi diskriminasi, sudah banyak kasus yang terjadi. Tentunya kita masih ingat bagaimana tindakan zinedine zidane menanduk materazzi karena si matrix menghina keluarga zidane. Belum lagi yang terbaru kasus luis suarez yang dihukum 6 pertandingan dan sebesar denda oleh otoritas sepakbola inggris karena bertindak rasis kepada patrice evra.

Seharusnya kita tidak melakukan diskriminasi-diskriminasi tersebut. Lebih baik kita hidup bersama-sama dan menjalin persahabatan dan kekeluargaan.

http://www.anneahira.com/diskriminasi.htm
http://www.wikipedia.com

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname